belajar twitter

Posted: Oktober 8, 2009 in Uncategorized
Tag:,

Selain facebook, jejaring sosial yang lagi trend adalah Twitter. Seperti halnya facebook, jumlah pengguna twiter semakin heboh. Simplenya, dua jejaring sosial itu sama-sama keren dan sama-sama booming. Kata orang-orang yang membedakan twitter dengan facebook adalah, katanya, tiwtter lbih tingan, status pada Twitter bisa di masukan langsung di blog, lebih mudah di pahami karena bentuknya yang sangat sederhana.

Twitter adalah Miniatur Blog (Mikro Blogging)

Mikro Blogging adalah sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat. Kalau anda pengguna Facebook, mungkin tak asing lagi dengan yang namanya Status Update, nah kegiatan utama di Twitter adalah tak jauh berbeda dengan status update tersebut. Dengan twitter anda bisa mengupdate status anda, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut.

Mikro Blogging telah menjadi alternatif bagi orang yang ingin sebuah blog tapi tidak ingin nge-blog. Sebuah blog pribadi akan berisi berbagai informasi yang penting yang memang layak untuk disajikan ke khalayak umum, namun kenyataannya tidak semua orang suka menulis yang panjang dan lebar atau menerangkan secara detil tentang sesuatu. Suatu waktu anda hanya ingin mengatakan pada teman-teman atau kalayak umum “Habis Nonton Film Transformer dan Ternyata Filmnya sangat mengesankan” Cukup seperti itu untuk mengungkapkan kekaguman anda pada film Transformer  dan  anda memang tidak berniat menulis ringkasan atau sinopsis film tersebut secara panjang dan lebar, seperti halnya yang banyak di bahas di Blog-blog.

Nah, Twitter pun hadir untuk kegiatan micro blogging seperti ilustrasi diatas, anda bisa menginformasi sesuatu secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja.
Twitter adalah sebuah Social Messaging

Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita. Cukup kita update Twitter “Kumpul di Kampus jam 18.00”, maka semua orang (pengikut ataupun teman-teman) kita bakal secara serentak menerima informasi tersebut, dan akhirnya kegiatan kumpul-kumpul pun bisa terkoordinasi dengan baik.
Twitter adalah Penyampai Berita Singkat nan Cepat

Kalau anda mem-follow orang-orang terkenal atau sebuah stasiun televisi misal CNN, maka andapun akan menerima berita terkini dengan singkat dan cepat, sehingga anda bisa terus uptodate dengan berbagai berita dan kejadian dari seluruh penjuru dunia lewat Twitter.

Jadi, sudahkah anda menjadi anggota Twitter dan mempunyai follower atau mungkin anda jadi pengikut seseorang?

Ya sutrah, yang mau follow me, add me  http://www.twitter.com/sandrasutrisno . Tapi jangan nyela aja, maklum lagi pesantren gak diajarin tentang Twitter, jadi ajah gaptek he he he


Komentar
  1. saya ingin tahu bagaimana caranya menjadi anggota twiter, mungkin bisa dijelaskan secara rinci, karena saya benar-benar tak tau. saya berada di Jawa Tengah Banjarnegara. apa yang harus saya lakukan. menjadi anggota manakah saya atau manapun bisa. trima kasih.

    • sandrapratama mengatakan:

      Cara membuat twiter sangatlah muda sama seperti membuat facebook atau id email anda..
      Langkah pertama yaitu anda harus mempunyai akun email terlebih dahulu baik dari yahoo mail maupun yg lain.kalu buka web http://www.twitter.com dan pilih sign up..
      Dan masukan data diri anda.

  2. hawa mengatakan:

    ya.. aku mau coba nih

  3. Dyka mengatakan:

    Gmna carax memfollow org bro.?? Msh bingung nh. . .

  4. keumala mengatakan:

    duuuuh…masih bingung make twitter niiiiihh..=(

  5. yasiin online mengatakan:

    microblogging memang keren,
    selain free, webnya juga ringan (fast loading) dan user friendly

  6. Zip zaoldyeck mengatakan:

    Kalo ada yg follow kita trus diapakan lg?
    Apa hrus klik sesuatu buat menyetujui atau otomatis?
    Kalo harus klik sesuatu jd klik yg mana?
    Thx..

  7. agung mengatakan:

    kalo yg pake RT tu ap gan???

  8. yunus mengatakan:

    hebat mana twitter ata facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s