ledakan bone

Posted: Oktober 11, 2009 in Uncategorized
Tag:

Misteri ledakan keras yang mengagetkan masyarakat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kemarin terpecahkan. Ledakan yang diikuti dengan bumbungan asap itu ternyata berasal dari enam pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara.

Keenam pesawat yang terdiri dari 3 pesawat Sukhoi, 2 jenis Boeing dan 1 helikopter itu tengah melakukan latihan rutin di atas Kabupaten Takalar yang berjarak sekira 80 kilometer dari Kota Makassar dan 300 arah timur Kabupaten Bone.

Komandan Landasan Udara Sultan Hasanuddin Marsekal Ida Bagus Putu Dunia mengatakan, suara ledakan berasal dari “sonic boom” tiga pesawat Sukhoi. Sonic boom adalah gelombang kejut di udara yang dihasilkan saat Sukhoi terbang melebihi kecepatan suara. Perlu diketahui kecepatan suara adalah 1.238 kilometer per jam.

Menurut laman Wikipedia, gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang supersonik di atas daerah berpenduduk.

Putu Dunia mengatakan dua pesawat Sukhoi dalam latihan kemarin terbang pada ketinggian 10 sampai 30 ribu kaki di angkasa. “Tapi kemarin kecepatannya tidak sampai melebihi kecepatan suara,” katanya saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (9/10/2009).

Namun, saat dikonfrontir dengan fakta adanya kepulan asap hingga ke permukaan tanah sebagaimana ditayangkan televisi termasuk getaran bermagnitude 1,9 Skala Richter, Putu Dunia tak mau berkomentar. “Saya tidak menonton jadi tidak bisa borkomentar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Putu Dunia juga membantah spekulasi yang berkembang bahwa ada pesawat milik TNI yang jatuh karena kecelakaan.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2009/10/09/340/264071/ledakan-misterius-bone-ulah-sonic-boom-sukhoi

penyebab ledakan bone

penyebab ledakan bone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s