olah raga otak

Posted: Januari 25, 2010 in Uncategorized
Tag:

⁠Fitness Otak⁠
⁠Senin, 25 Januari 2010 11:27 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Sama seperti tubuh, fungsi otak manusia akan menurun seiring bertambahnya usia. Jangan egois dengan hanya berusaha menjaga kebugaran dan bentuk tubuh. Tapi kita juga perlu melatih otak agar tidak cepat tumpul. Apa yang bisa dilakukan untuk mengasah otak agar tetap tajam?

Matematika
Mungkin saat sekolah dulu tak banyak dari kita yang menyukai mata pelajaran satu ini. Namun, menurut penelitian Ryuta Kawashima, pengarang buku TRAIN YOUR BRAIN MORE, seperti yang dikutip dari sheknows.com, aktivitas berhitung yang sederhana sekalipun bisa mengaktifkan fungsi otak lebih dari kegiatan lainnya.

Jadi, entah saat Anda sedang menghitung jumlah uang yang dikeluarkan untuk belanja atau sekadar membantu anak menyelesaikan PR matematikanya, maka saat itu sesungguhnya Anda sedang melatih otak.

Kegiatan kognitif

Kegiatan kognitif seperti bermain kartu, catur, TTS, brain games, permainan logika, memory game, atau game lain yang memerlukan konsentrasi tinggi juga mampu melatih otak agar tetap terasah. Selain itu, kegiatan menulis dan membaca dengan suara keras juga terbukti bisa meningkatkan fungsi otak. Ternyata tak ada ruginya jika selama ini Anda hobi membaca.

Latihan tangan

Otak juga bisa ditajamkan melalui latihan tangan. Jika selama ini Anda selalu menggunakan tangan kanan, maka sesekali Anda perlu mencoba beraktivitas dengan tangan kiri Anda, misalnya seperti menulis, mengangkat barang, menarik, mencabut, dan lain-lain. Dengan menggunakan tangan ‘yang lain’ berarti Anda sedang mengaktifkan bagian otak yang lain.

Belajar bahasa
Salah satu cara terakhir yang cukup menyenangkan adalah dengan belajar bahasa asing. Tak ada salahnya Anda memperkaya diri dengan belajar bahasa dari daerah atau negara lain. Selain menyenangkan, otak pun sehat.(Kpl/ICH)

Sumber : metrotvnews.com

Komentar
  1. cobaberbagi mengatakan:

    olahraga otak bisa jadi program diet lho
    plesetan dari Descrates ni I’m think then I’m thin
    hehehe
    http://cobaberbagi.wordpress.com/2010/01/17/538/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s