gizi anak peternak sapi perah

Posted: Mei 8, 2010 in Uncategorized
Tag:

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI SUSU DENGAN STATUS GIZI
ANAK BALITA KELUARGA PETERNAK SAPI PERAH
(di Desa Margamukti Kec. Pangalengan Kab. DT II Bandung)

Konsumsi pangan adalah informasi tetang jenis dan jumlah pangan yang dimakan seseorang atau kelompok orang pada waktu tertentu. Susunan jenis pangan yang dikonsumsi berdasarkan kriteria tertentu disebut pola konsumsi pangan (hardiansyah dan Mardianto, 1992 ).
Status gizi adalah bagian penting dari status kesehatan. Tidak hanya status gizi yang mempengaruhi kesehatan seseorang tetapi status kesehatan juga mempengaruhi status gizi seseorang.
Salah satu faktor penentu gizi adalah tingkat konsumsi pangan. Tingkat konsumsi pangan ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, prefensi, distribusi makanan dalam keluarga, dan pengetahui gizi dari orangtua. Tingkat pendidikan dapat menentukan konsumsi pangan, dimana tinggi tingkat pendidikan maka makin selektif seseorang dalam memilih konsumsi pangannya, terutama pangan yang bergizi baik. Pendapatan berpengaruh terhadap konsumsi pangan karena ketersediaan uang untuk membeli pangan tersebut tergantung dari pendapatan.
Manfaat susu bagi anak balita
Susu merupakan satu jenis makanan yang bernilai gizi tinggi, mudah dicerna dan mempunyai susunan zat-zat makanan dalam keadaan sempurna, karena mengandung hampir semua zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh (Resang dan Nasution, 1962). Status gizi adalah keadaan tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi, penyerapan dan penggunaan makanan. Cara yang paling banyak dan lazim digunakan untuk menilai status gizi seseorang yaitu dengan pemeriksaan antropemetri. Antopemetri adalah pengukuran bagian tubuh yang dapat menggambarkan pertumbuhan, diantaranya bobot badan, lingkaran lengan kiri atas, lingakaran dada dan lingkaran kepala.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan mengambil sampel acak atau random. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang yang berumur antara 2 -5 tahun.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi besarnya konsumsi susu, status gizi anak balita keluarga peternak sapi perah.

Komentar
  1. Sasan Permani mengatakan:

    Bagus bagus loh mbak…, selain susu yang kira-kira bagus untuk gizi anak makanan seperti apa yah.., karena tempo hari saya datang ke sekolah pinggiran di daerah pedalaman jakarta timur sungguh tersentuh hatiku untuk mengulurkan bantuan…,

    Terimakasih

    • sandrapratama mengatakan:

      yang pasti mengandung protein yang tinggi,,,
      terima ksh komentarnya oia klarifikasi say cowo bukan mbak2,,hhe

  2. zakki mengatakan:

    Mari udayakan minum susu sejak dini.

  3. Arntr mengatakan:

    kebetulan saya sedang repot2nya, jadi informasi ini sangat membantu saya….thanks ya

  4. luthfi dwiyanto mengatakan:

    anak indonesia harus sering makan-makanan bergizi…

  5. luthfi dwiyanto mengatakan:

    anak indonesia harus banyak minum susu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s