Harga telur turun, harga ransum naik

Posted: November 9, 2010 in Uncategorized
Tag:, ,

nasib sebagai peternak kecil yaitu pasrah terhadap harga pasar dan tidak bisa berbuat apa-apa, keadaan seperti ini diperlukan suatu penyelesaian atau siasat dengan mengakali biaya produksi sehingga jarak cost dan benefit tidak terlalu jauh.
harga ransum p3 pabrikan cv. missouri 1 zak sebelum harga naik yaitu Rp. 176.000/zak setelah naik menjadi Rp. 181.000/zak (sumber succes ps )
kenaikan ini memicu rasa khawatir dari peternak-peternak layer termasuk saya. untuk menjaga pendapatan yang tidak terlalu jauh kita harus mensiasati biaya produksi namun tidak menurunkan produktivitasnya.
biaya variabel produksi antara lain :
– Ransum
– obat-obatan/vitamin
– gaji pegawai
– listrik
– transportasi

biaya yang bisa disiasati adalah ransum, biasanya beli langsung jadi,,kita dapat menyusunya sendiri dengan biaya yang lebih murah, yaitu membeli konsentrat dan membeli dedak dan tepung jagung sendiri dan memberikan suplement.

lalu obat-obatg / vitamin dapat diganti dengan obat alami yaitu dari tumbuh2n, sebagai pengganti egg stimulan yg biasa dipakai yaitu dengan kunyit.

namun kita harus memperhatikan bagaimana imbasnya terhadap produktivitas oleh karena itu harus di coba dahulu misalnya memberikanya terhadap 3% ekor ayam dari populasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s