STOP beli barang bajakan

Posted: Februari 27, 2011 in Uncategorized
Tag:

Indonesia merupakan negara yang mempunyai potensi alam yang sangat melimpah yang bisa dimanfaatkan menjadi sumber pendapatan negara. Namun kekayaan alam yang sangat melimpah itu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, karena keterbatasan sumber daya manusia yang tidak bisa mengolah sumber daya alam yang sangat melimpah. SDM dapat di bentuk melalui pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya masih kurang sadar akan pendidikan mengakibatkan SDM yang rendah dah kalah bersaing dengan negara lain. Oleh karena itu sumber daya alam kita tidak bisa menjadi pendapatan utama negara, sumber pendapatan negara di Indonesia yang paling besar adalah pajak .
Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang. sehingga dapat dipaksakan dengan tiada mendapat balas jasa secara langsung. Pajak dipungut penguasa berdasarkan norma-norma hukum untuk menutup biaya produksi barang-barang dan untuk mencapai kesejahteraan umum. Tujuan pajak adalah untuk mensejahtrakan seluruh warga negara, pajak digunakan diantaranya untuk : pembangunan sarana, contohnya membangun jalan raya, bangunan sekolah, bencana alam dan lain sebagainya.
Pajak diantaranya didapat dari pajak bumi dan bangunan (PBB), penghasilan perseorangan/perusahaan, kendaraan bermotor dan barang import maupun eksport. Pajak impor adalah pajak yang dikenakan pada barang atau jasa dari luar negara masuk ke Indonesia. Sumber pajak dari pajak impor ini sangat besar. Dikarena indonesia merupakan salah satu negara konsumen terbesar baik dari pangan, elektronik maupun kendaraan bermotor. Barang yang akan masuk akan melalui Bea cukai. Disinilah banyak terjadi kecurangan sehingga barang-barang banyak yang masuk tanpa pajak. Selain melalui bea cukai penyulundupan-pun banyak dilakukan melalui kapal nelayan.
Kita sebagai konsumen beranggapan barang ilegal merupakan barang yang menguntungkan karena harganya sangat murah, namun sebenarnya kita rugi karena barang ilegal tidak memiliki garansi resmi dari pabrik pembuatnya dan kualitasnya tidak bisa dijamin. Barang ilegal sangat merugikan negara karena banyak sekali barang yang masuk tanpa pajak yang mengakibatkan barang-barang asli tidak laku dipasaran karena konsumen lebih banyak memlilih barang yang sama dengan harga yang murah. Kondisi ini mengakibatkan kebangkrutan perusahaan sehingga para investor asing menarik investasinya dan mengakibatkan banyak pengangguran. Jika dari komoditas pangan petani akan rugi karena hasil dari panen mereka harus dijual murah karena banyak produk pangan dari luar harganya murah sedangkan biaya produksi tinggi.
Kita sebagai generasi penerus ata sebagai generasi muda harus menolak adanya penyelundupan barang-barang impor dengan cara tidak membeli barang-barang tersebut. Karena dengan banyaknya penyulundupan akan sangat merugikan bangsa dan negara kita.

Komentar
  1. Luqman Ar-Raahman Al-Shaleh mengatakan:

    Assalamu’alaikum…
    Sangat bermanfaat wacanan anda…
    Silahkan kunjungi blog saya
    http://abdurrahmanshaleh.wordpress.com/
    kasih komentar dan saran ya…
    Terimakasih…
    Wassalamu’alaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s