strategi mahasiswa semester akhir

Posted: April 16, 2011 in materi kuliah
Tag:, ,

Ga kerasa saya kuliah uda mau beres uda semester 8 atau uda hampir 4 tahun kuliah. awal kuliah merupakan prestasi terbaik saya karena dapet IP yng gede nilai itu bertahan hingga semester 2 dan seiring waktu nilai berkurang sampai-sampai ipk di bawah 2,5 sangat dibawah standar. semester 4 merupakan awal kebangkitan nilai saya terutama dengan adanya sp(semester pendek) perlahan tapi pasti ipk naik dan hingga sekarang alhamdulilah sudah memuaskan.
“kuliah merupakan tahapan kehidupan yang menjadikan kita menjadi manusia yang mempunyai karakter dan pola pikir yang lebih, kuliah tidak hanya untuk mencari gelar sarjana”. kutipan tadi merupakan ungkapan dari dosen saya. ungkapan beliau menginspirasi saya bahwa kuliah merupakan tempat pendewasaan seseorang dan tempat bertambahnya ilmu walaupun tidak bisa diungkiri bahwa gelar sarjana terutama ijazahnya.
semester akhir merupakan semster yang aga berat menurut saya. karena pada semester ini kita diwajibkan membuat suatu karya ilmiah. pada proses pembuatan karya ilmiah inilah yang menyebabkan sebagian banyak mahasiswa terlambat lulus. oleh karena itu saya mempunyai panduan atau strategi untuk menghadapi semester akhir, diantaranya :
1. usahakan semua mata kuliah wajib telah diambil pada semster sebelumnya. karena jika diambil pada semester akhir akan sangat menghambat dalam pembuatan skripsi. biasanya kuliah wajib akan banyak tugas dan praktikum sehingga waktu untuk menyusun skripsi sedikit.
2. Rajin dateng ke kampus. walaupun uda ga ada kuliah disemester akhir usahakan sering dateng ke kampus karena klo di kampus kita bakal sering ketemu temen2 untuk ngobrol-ngobrol atau berbagi info tentang skripsi jadi pasti ada masukan tuh untuk nyusun skripsi kita dibandingkan di rumah ga ada temen sharing.
3. Rajin nongkrong d perpustakaan, perbanyak litelatur tentang judul yang akan kita teliti dan perbanyak baca skripsi orang lain.
4. SKSD (sok kenal sok dekat ) sama dosen biar kita dimudahin dan diberi pengarahan atau bahkan dibantu ngerjain sama dosen.
5. rajin ibadah dan berdoan dan minta restu sama ORTU

nah itu tips dari saya,hehehehe

SEMANGAT MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s