pakan ternak

Posted: Mei 25, 2011 in materi kuliah
Tag:, , ,

Pakan hewan
Pada awal tahun 1950 an, cooker extrasion pertama kali diterapkan untuk mengembangkan produksi pakan hewan bentuk kering. Produk ini terhitung terbesar dengan ber-ton ton pertahun oleh mesin pemasak ekstrusi yang berasal dari Amerika dan hasilnya di seluruh dunia pada tahun 1960 dan pada tahun 1970 industri pakan hewan menghasilkan produk terbaru yang di kenalkan kepada konsumen dan banyak producen datang ke Tempat tersebut untuk menarik konsumen untuk share ke pasar.

pasar menjual pakan bentuk kering di amerika serikat, Lebih dari 2.64 juta ton untuk 52 minggu per periode pada 15 juni 1987. Ini sama dengan bernilai $ 2700000000 ritel nilai ekonomi, sebelum tahun 1990, penjualan pakan hewan melebihi $715 juta ritel per tahun.(maxwell, 1992)

Kategori pakan hewan

Product berbahan kering
Posisi yang paling dominan pada pakan bentuk kering hewan di pasar itu jelas faktanya jelas ia memilki (lebih dari 30%) saham terbesar dari jumlah penjualan. Pakan tersebut mengandung 10-12 % kadar air dalam bahan (MCWB) dan di proses dari bahan sereal, hasil ikutan dan turunannya. Produk kedelai, produk ternak, product susu dll. Pakan kering anjing biasanya mengandung 5-12.5% dan 8-12% kadar lemak. Sementara itu pakan kering anjing yang ada di pasaran adalah meals pellet, kibbles atau produk hasil penggilingan, pakan kucing bentuk kering selalu di proses melalui mesin pemasak ektruksi, protein murni yang termasuk (bahan kering) yang terkandung di dalam pakan anjing biasanya 18-30% dan bahan kering yang terkandung pada pakan kucing ialah antara 30-36%.

Produk semi basah
Kategori kedua dari pakan adalah berbentuk produk semi basah. Pakan semi basah ini mengandung bahan kering, perbndingan antara komposisi bahan kering dan basah ialah bergantung pada keinginan masing masing, dan dan proporsi yang tepat umumnya dari informasi pemiliknya, perkiraan perbandingannnya antara 80 kering dan 20% basah dan bisa sampai 50%:50% perbandingan bahan kering dan basah.
Produk berbahan halus
Pakan tersebut berbeda dalam beberapa hal dengan standar deviasi tinggi yang berasal dari kenyataan.

Snacks untuk hewan
Produk tipe ini termasuk produk yang tidak menggunakan proses ektruksi. Beberapa cara tradisional akan mempengaruhi bentuk dari adonan, Bentuk potongan dan pencetakan, dan pengeringan bahan untuk mencapai hasil yang diinginkan dari produk akhir.
Dalam beberapa tahun ini banyak produsen memilih produk snacks tersebut, serta akan menjadi produsen jenis-jenis produk makanan hewan peliharaan. Alasan kedua dari tertariknya ini adalah efesiensi extruder, mengurangi biaya produksi dan produk sangat menguntungkan.
Pemilihan Peralatan
Seleksi atau pemilihan alat prosesing untuk pakan adalah bagian yang penting yang di butuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi pakan hewan, idealnya peralatan harus lebih selektif untuk mengahsilkan effesiensi dalam hal pengoperasian, sehingga menghasilkan biaya yang murah.

tujuan dari bagian ini untuk memberikan pemahaman tambahan dan informasi untuk membantu pemilihan peralatan adalah untuk 1. Dry expanded 2. Semi moist 3. Soft expanded 4. Kombinasi 1 dan 2.

Peralatan di butuhkan untuk berbagai macam fungsi pada pembuatan pakan hewan. Fungsi maupun biaya terbesar adalah penerimaan bahan baku, penyimpanan, grinding, pencampuran, pemasakan dan ektruding:pengemasan; penyimpanan di gudang.

Pemilihan bahan baku
Bahan baku untuk formulasi, pemilihan alat prosesing, dan merupakan wilayah independen kontrol yang mungkin dilakukan saat ekstrusi membuat makanan hewan. dalam batas-batas tertentu yang ditetapkan oleh pakan hewan melibatkan kriteria ini, asupan ekstrusi memasak dapat mengendalikan berbagai karakter produk seperti bentuk, kepadatan, rehidrasi, tekstur, dan derajat tertentu, warna.
Kandungan Bahan energi
Bahan bentuk tepung ini meliputi 30-70% dari berat total campuran bahan pakan, bahan baku tersebut adalah paling utama yang mengandung pati dan beberapa karbohidrat lain dan termasuk di dalamnya adalah gandum, jagung, barley, gandum, dan biji bijian sejenis lainnya dan derivatnya adalah corn meal, bubur jagung, gluten dll.
Kandungan Bahan protein
Ketika formulasi dan prosesing pembuatan pakan dengan menggunakan mesin extruder, ini sangat penting untuk di ketahui, pati berfungsi untuk mengikat, kalori dan nilai ekspansi. protein memberikan sangat tinggi dalam hal kandungan nutrisi produk , dan merupakan salah satu karakteistik dari suatu produk.
Particle Size
Ukuran partikel pada bahan baku akan menyebabkan tekstur dan bentuk ahir sebuah produk. Proses extruksi pembuatan menggunakan spektrum yang luas dari ukuran partikel bahan.

palatabilitas
palatabilitas adalah suatu kewajiban dari hasil produk formulasi. Ukuran, bentuk, dan textur. Pakan hewan harus palatable atau disukai oleh ternak untuk diberikan pada level optimal dan dapat di terima ternak.
Owens (1982) menyatakan bahwa paka kalengan dan produk berbahan basah dan lembut lebih disukai di bandingkan dengan bahan bentuk kering hal ini di akibtakan oleh kandungan air yang tinggi.

Proses pengolahan
Produk pakan hewan melalui extruksi pemasakan akan menentukan tekstur dan fungsi kualitas kontrol yang di pengaruhi oleh pemilihan campuran bahan baku, bahan aditive dan juga proses dari variable kontrol.

Dalam bahan pakan hewan kandungan pati atau pati dalam cereal ( biasanya mengandung 20-50% dari berat total bahan campuran) proses gelatinisasi saat ektruksi membutuhkan kandungan bahan basah tinggi (antara 30 dan 50% kadar air) yaitu pada temperatur rendah berkisar antara 230-2750f atau 110-1350c. Kandungan air dalam bahan yang terlalu tinggi dalam berbagai protein tumbuhan mempengaruhi karakteristik dan susunan protein dengan alat pemasak ekstruksi.

Jika saat proses ektruksi kandungan airnya (3000(1500c) maka akan menyebabkan lipid amylosa dan lipid protein akan terdegradasi, asam lemak terbang dan bagian lemak secara langsung bereaksi di dalam proses tersebut.

Konsiderasi dalam pelabelan
Beberapa tahun belakangan ini konsumen sangat memperhatikan tentang kandungan nutrisi dari bahan misalnya, vitamin, mineral dan bahan pelengkap lainnya dalam bahan. Yang menentukan standar yang tinggi dalam pakan hewan. Bahan pengawas, obat cosmetik dan makanan yang di bawah pemerintahan amerika serikat. Badan obat2an dan makanan (FDA) menyatakan bahwa pakan ternak harus mencantumkan formulasi bahan dan di beri label.

Komentar
  1. good news nih. Cuma kurang detail lagi.

    • sandrapratama mengatakan:

      terima kasih pak telahg mengunjungi blog saya, maklum saya peternak lele pemula, mungkin bapak bisa berbagi ilmu kepada saya

      regards

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s