Perawatan Kendaraan

Posted: Oktober 20, 2011 in tips and trik
Tag:, , , ,

Perawatan
1. Periksa leveling oli mesin setiap 3 bulan sekali atau 2500 Km (tambahkan bila perlu ) dan disarankan diganti setiap 10.000 Km
atau kurang bila digunakan dalam kondisi extreme ( sering buat kebut-kebutan) ditambah oil filter diganti setiap 10.000 Km
2. Ganti oli transmisi setiap 20.000 Km atau 1 tahun sekali
3. Pastikan busi,air cleaner & fuel filter dibersihkan setiap 6 bulan sekali bila perlu diganti.( kecuali busi & open air filter or replecement Air filter
4. Pastikan mengganti minyak rem & kopling setiap 20.000 Km atau kurang lebih 1 tahun sekali
5. Pastikan mengganti minyak p/steering setiap 40.000 Km atau kurang lebih 2 tahun sekali
6. Periksa ketegangan drive or fan belt setiap berjalan 10.000 Km atau 6 bulan sekali bila perlu diganti bila sudah mulai retak-
retak pada permukaannya
7. Periksa dan bersihkan kondisi rem 4 roda setiap 6 bulan sekali  atau 10.000 Km ( kondisi brake pad,shoe kit,disc brake n drum
brake ) dan setel fre play pedal kopling dan rem ( bila perlu )
8. Sangat disarankan melakukan Top Overhoul cylinder head setiap 100.000 Km
9. Sangat pula disarankan untuk melakukan penggantian Timing belt setiap 100.000 Km

Sekedar share aja kalo mesin mobil mogok tiba tiba.

1. Check semua indikator di dashboard, pastikan semua menunjukkan yg baik. Check Engine, Battery ama Temperature. Kalo indikator bensin nyala, salahkan segera pengemudinya.
2. Start engine, kalo dinamo starter nyala berarti aki dalam keadaan baik.
3. Check pengapian, cabut kabel busi, pasang busi cadangan ke ujung kabel busi kemudian tempelkan body busi ke mesin, start engine, apabila ada percikan api di busi berarti pengapian baik.
4. Check fuse dalam fuse box baik yang di mesin dan bawah kemudi, pastikan semua fuse untuk EFI dan Ignition masih berfungsi dengan baik
5. Ini agak ribet, check fuel pressure. Pake kunci 17, kendorkan fuel rail yang deket TB, start engine. Kalo bensin menyemprot dengan keras berarti fuel pump, fuel filter ama fuel pressure bagus.
Kalo semuanya bagus tapi mesin tetep ngga idup. Ingat ingat accesoris yang kita pakai untuk ignition. Karena biasanya accesoris itu yang bermasalah.
Sekian informasi ini disampaikan. Kalo ada yang mau nambahin silakan…

 

sumber Toyota Soluna Community

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s