produksi lele periode 4

Posted: Maret 25, 2012 in lele
Tag:, , ,

“alhamdulilah rezeki memang sudah ada yang ngatur yaitu Allah”

kata-kata diatas merupakan ucapan syukur saya karena sesulit apapun hidup kita walaupun harga berangsr naik apa lagi issue BBM yang akan naik bulan april 2012 jika kita percaya sepenuhnya rezeki pasti akan datang jika kita berusaha dengan sepenuh hati dan keiklasan.

usaha kecil-kecilan yang mulai saya jalani setelah ayam petelur yaitu lele, karena sistem kandang ayamnya longyam yaitu di bawah kandang ayam ada kolam atau balong, saya manfaatkan sebagai penghasilan tambahan atau sampingan dari usaha beternak ayam petelur. pada awal usaha lele yang saya budidayakan yaitu 300 ekor, almadulilah mortalis hanya 1% untuk awal yang bagus. Pada periode kedua mulai terjadi masalah, karena liat dari hasil pemeliharaan sebelumnya yang berhasil populasi pun d tingkatkan namun pada periode 2 mortilitas sangat tinggi dan periode 2 saya mengalami kerugian, saya sempat putus asa karena modal untuk lele sisa sedikit, pada periode 3 sebelum membeli bibit lelenya saya perbaiki telebih dahulu kolamnya dan saluran air nya, pada periode 3 diisi 2500 ekor bibit lele dan alhamdulilah mortalitas dapat ditekan. pada saat panen menghasilkan 300 kg lele dan saya jual ke kolam pemancingan.

sabtu,24 maret 2012 8:00 PM

setelah pengalaman dari peiode 1-3 kolam ikan di bersihkan dan dibebas hamakan. saya menelepon seorang teman yang berprofesi seorang bandar lele. saya memesan seribu ekor lele ukuran 5-7 cm, saya pesan sedikit dulu karena cuaca yang sering hujan d khawatirkan air di kolam tidak stabil karena lele bibit sangat rentat dengan mortalitas. setelah bibit di tebar kesokan harinya ternyata benar dugaan saya 10 ekor bibit lele mati, lalu saya coba dengan cara tradisonal yaitu menebar daun pepaya karena pada daun pepaya mengandung zat papain yg baik untuk kekebalan tubuh lele. hari kedua hingga hari ketiga total yg mati ada 40 ekor, hari selanjutnya alhamdulilah tidak ada lagi yang mati.

Tinggalkan Balasan

