sapi perah

Posted: Mei 2, 2012 in materi kuliah
Tag:, ,

Usaha Sapi perah di Indonesia sebagian besar didominasi oleh peternak rakyat, di pulau jawa masih menjadi wilayah utama sapi perah yang mencakup 97% dari produk susu nasional pada tahun 2007, peternak ini telah menghasilkan 574 ribu ton pada tahun 2008, naik dari 550 ribu ton pada tahun 2004 atau meningkat sebesar 4,43% (Direktorat Jendral Peternakan, 2008). Perkembangan meningkatnya usaha peternakan sapi perah salah satunya akibat permintaan susu dan daging. Permintaan ini sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kesadaran masyarakat terhadap keseimbangan gizi akan sumber protein hewani.

Dalam melaksanakan usaha peternakan sapi perah yang harus menjadi dasarnya adalah pengetahuan dalam hal produksi dan pemasaran sehingga dapat menghitung keuntungan dan kerugian yang terjadi. Tujuan dari orientasi sapi perah ini mengarah kepada profit atau keuntungan yang optimal berdasarkan sumber daya dan nilai investasi yang dimiliki, hal ini terkait dengan mengkuantifikasi keuntungan ekonomi.

lanjutkan tulisan ini STUKEL LAPORAN PUSINK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s