Penanganan Kotoran Ayam

Posted: Juli 6, 2012 in materi kuliah, tips and trik
Tag:, ,

Penanganan Kotoran Ayam

By Agus Bakrie Sudharnoko

Saat musim penghujan ini di hampir semua farm terjadi masalah yang sama, yakni bau ammonia meningkat tajam. Kelembaban yang tinggi pada lingkungan kandang menjadi salah satu penyebab yang menambah parah kondisi kadar ammonia.

Bau tidak sedap yang selalu merundung peternak ini juga karena wet dropping atau kotoran yang basah. Beberapa faktor yang menyebabkan kotoran menjadi basah, antara lain:

  1. Manajemen kandang: Pengontrolan suhu, kelembaban dan kerapatan (density) ayam dalam kandang akan memicu heat stress (stress panas) yang lebih tinggi sehingga ayam akan lebih banyak minum yang mengakibatkan konsentrasi kotoran menjadi lebih cair.
  2. Terlalu tingginya konsentrasi mineral pada air minum/pakan seperti Na, Ca, Mg dan Chlorin (kaporit) dapat mengakibatkan penyerapan air berlebihan.
  3. Penggunaan bahan baku yang terlalu kaya akan serat pada sumber karbohidrat bukan pati (NSPs) sehingga meningkatkan perlekatan makanan dalam saluran pencernaan yang mengakibatkan cairan yang keluar lebih banyak.
  4. Kualitas bahan baku yang terkontaminasi oleh jamur (mis. Aspergillus Flavus) yang memicu mikotoksin terutama aflatoksin dapat berdampak pada iritasi saluran pencernaan sehingga wet dropping. Hal ini cenderung lebih mungkin terjadi ketika musim penghujan karena kelembaban sangat tinggi sehingga memicu pertumbuhan jamur lebih cepat.

Upaya mengatasi permasalahan di atas:

  1. Dalam jangka pendek bau kotoran harus segera di atasi dengan melakukan treatment pada kotoran secara langsung. Bakteri pengurai yang tepat dan dapat bekerja cepat adalah solusi jangka pendek dalam upaya mengurangi bau tersebut.
  2. Pemberian probiotik yang tepat dalam pakan/minum akan memperbaiki fungsi usus dalam melakukan penyerapan nutrisi sehingga bau kotoran akan lebih bersahabat (mengurangi jumlah sekresi ammonia).
  3. Membasmi lalat melalui pakan, membunuh langsung lalat dewasa dan membasmi larva yang ada pada kotoran ayam.
  4. Tentunya dibarengi dengan perbaikan di sisi manajemen SDM, pakan, kandang dan kotoran yang baik akan sangat membantu kelangsungan hidup ternak dan berujung kepada kelangsungan bisnis itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s